Jumat, 09 September 2016

KELAS MAYA



A.devinisi kelas maya
Kelas maya (virtual class) adalah sebuah lingkungan belajar bberbasis web memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnyajejarin pembelajaran social < social learning > untuk pembelajaran dan manajemen kelas memuat konten – konten digital yang dapat diakses dan dipertukarkan dimana saja dari mana saja , dan kapan saja.
Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses bbelajar serta dapat dipantau baik oleh guru, siswa mau pun orang tua .selain digunakan untuk proses ppendidikan jarak jauh, system tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.
Terdapat 6 prinsip dasar dalam melaksanakan kelas maya, yaitu  sebbagai berikut :

1,responsif,dalam arti gurudapat dengan mudah menciptakan iklim kelas yang menyenangkan sebagai salah satu syarat kegiatan belajar yang optimal. guru yang bersifat hangat & akrab.Serta secara kontinyu menunjukan antusia terhadap tugas , kegiatan dan siswanya akan lebih mudah melaksanakn kelas maya

2,menantang (penuh tantangan) pengunaan kata, tindakan, dan bahan yang menantang akan meningkatkan gairah siswa untuk belajar sehingga mengurangi kemungkinan muunculnya tingkah laku yang menyimpang. Perhatian dan minat siswa akan terpelihara dengan kegiatan yang dikembangkan oleh guru.

3,variatif,dalam arti  penggunaan variasi media , gaya , dan interaksi dalam mengajar merupakan kunci pengelolaan kelas unttuk menghindari kejenuhan,meningkatkan aktivitas dan tingkah laku positif siswa. Dengan berbagai variasi maka kejenuhan akan berkurang dan siswa akan cenderung akan meningkatkan keterlibatanya dalam tugas dan tidak akan mengganggu yang lain.

4,fleksibel,dalam arti terdapat keluwesan tingkah laku untuk mengubah strategi mengajar dengan  memanipulasi  berbagai keterampilan mengajar lainnya.

5,positif,artinya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran,guru harus memberikan tekanan pada hal –hal yang positif dan menghindari hal-hal yang negatif cara guru memelihara suasana antara lain :

A ,memberi aksentuasi terhadap tingkah laku sisswa yang positif dan menghindari ocehan atau celaan terhaap tingkah laku yang kurang wajar.

B ,memberikan penguatan terhadap tingkah laku  siswa yang positif

C ,menyadari akan kemungkinan kesalahan yang ada,seehingga akan mengganggu kelancaran dan kecepatan belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar